Rabu, 19 September 2012

KISMIS oh KISMIS




Meskipun kecil, buah kering ini punya banyak kandungan nutrisi. Bisa dimakan begitu saja atau digunakan sebagai topping cake, es krim, dibuat cake atau kue kering. Buah kering ini sangat baik dijadikan sebagai sumber energi selama berpuasa.

Kismis merupakan buah anggur yang dikeringkan dan mengandung konsentrat gula yang tinggi. Selama proses deskritalisasi buah akan direndam dalam sari buah, atau air mendidih untuk melarutkan gula. Proses ini juga yang membuat kulit kismis jadi kasar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California-Davis menemukan bahwa, kismis sering diberikan pada atlet selama menjalani olah raga berat. Tujuannya untuk membantu tingkatkan energi tubuh saat berolahraga.

Tim peneliti juga mempelajari beberapa orang yang berjalan sejauh 4.827 km. Mereka juga diberikan kismis. Sama halnya dengan pelari yang makan kismis, hasilnya jarak tempuh yang dilewati selama satu menit ternyata lebih cepat dibanding pelari yang hanya minum air.

Karenanya jika dikonsumsi saat sahur atau berbuka, juga akan meningkatkan energi selama berpuasa. Tubuh tidak mudah letih.Temuan yang menakjubkan ini juga telah tercatat dalam Journal of International of Sports Nutrition. Masyarakat Timur Tengah selain kurma selalu mengonsumsi kismis sebagai camilan saat berbuka puasa.

by detik food

Tidak ada komentar:

Posting Komentar